SIKAP: |
1 | S1 | bertakwa kepada Allah SWT dan mampu menunjukkan sikap religius |
2 | S2 | menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika |
3 | S3 | berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
4 | S4 | berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa |
5 | S5 | menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
6 | S6 | bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
7 | S7 | taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
8 | S8 | menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
9 | S9 | menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
10 | S10 | menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
11 | S.ULA | Menunjukkan sikap beramar ma’ruf, ber-nahi munkar dan beriman kepada Allah SWT |
PENGUASAAN PENGETAHUAN: |
1 | P1 & CPL FORTEI | menguasai konsep teoretis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem tenaga listrik, sistem elektronika kendali dan telekomunikasi |
2 | P2 & CPL FORTEI | menguasai konsep sains alam dan prinsip dalam menerapkan matematika rekayasa termasuk kalkulus integral-diferensial, aljabar linier, variabel kompleks serta probabilitas & Statistik. |
3 | P3 & CPL FORTEI | menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem tenaga listrik, sistem kendali, sistem elektronika, atau sistem telekomunikasi. |
4 | P4 | menguasai prinsip dan isu-isu terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum berkaitan dengan bidang tenaga listrik, elektronika, dan telekomunikasi. |
5 | P5 & CPL FORTEI | menguasai pengetahuan tentang perkembangan teknologi terbaru di bidang sistem tenaga listrik, sistem elektronika kendali dan telekomunikasi |
6 | P.ULA.1 | Menguasai konsep Islam sebagai pandangan hidup untuk membangun peradaban Islam |
7 | P.ULA.2 | Menguasai bidang keahliannya atas dasar nilai-nilai Islam dengan standar tertinggi, sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang terkait dengan bidang keahliannya |
8 | P.ULA.3 | Menguasai konsep teoritis objek kajian bidang keahliannya dari perspektif Islam denganmengaitkannya dengan konsep tauhid dan prinsip syariah (Maqasid Syariah/Fiqh Prioritas) |
9 | P.ULA.4 | Mengidentifikasi kesamaan temuan sains/ilmu pengetahuan kontemporer bidang keahliannya dengan penjelasan Al-quran dan hadist atau sebaliknya |
10 | P.ULA.5 | Mengidentifikasi sebuah disiplin ilmu bertentangan dengan Islamic Worldview untuk menghilangkan nilai/perspektif barat sekuler dari ilmu bidang keahliannya |
KETRAMPILAN KHUSUS: |
1 | KK1 & CPL FORTEI | mampu menerapkan pengetahuan matematika, sains, teknologi informasi dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem tenaga listrik, sistem elektronika kendali dan telekomunikasi |
2 | KK2 & CPL FORTEI | Mampu menemukan sumber masalah rekayasa pada sistem tenaga listrik, sistem kendali, sistem elektronika, dan sistem telekomunikasi melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa |
3 | KK3 & CPL FORTEI | Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa pada sistem bidang tenaga listrik, kendali industri dan telekomunikasi |
4 | KK4 & CPL FORTEI | mampu merumuskan solusi alternatif untuk masalah rekayasa pada sistem tenaga listrik, sistem kendali, sistem elektronika, atau sistem telekomunikasi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration) |
5 | KK5 & CPL FORTEI | mampu merancang sistem tenaga listrik, kendali industri dan telekomunikasi dengan pendekatan analitis dan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan dengan memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan perspektif global |
6 | KK6 & CPL FORTEI | Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa pada sistem tenaga listrik, sistem kendali, sistem elektronika, atau sistem telekomunikasi. |
7 | KK7 & CPL FORTEI | mampu memahami metode yang digunakan serta memiliki keterampilan dalam penggunaan perangkat modern untuk mendukung praktek profesi dibidang teknik elektro |
8 | KK8 & CPL FORTEI | mampu berkomunikasi secara efektif, termasuk dalam menulis, presentasi lisan dan berbagai ide |
9 | KK9 & CPL FORTEI | mampu merencanakan, mengelola dan menyelesaikan tugas-tugas serta mengevaluasi hasil yang dicapai secara sistematis |
10 | KK10 & CPL FORTEI | mampu bekerja dalam sebuah tim multidisiplin dan multikultural |
11 | KK11 & CPL FORTEI | mampu bertanggung jawab kepada masyarakat dan untuk mematuhi etika profesional dalam memecahkan permasalahan di bidang rekayasa teknik elektro |
12 | KK12 & CPL FORTEI | mampu memahami kebutuhan dan bagaimana untuk terlibat dalam pembelajaran seumur hidup, termasuk akses ke pengetahuan yang relevan terhadap isu-isu kontemporer |
13 | KK13 & CPL FORTEI | mampu mengoperasikan dan melakukan pemeliharaan sistem di bidang tenaga listrik, kendali industri dan telekomunikasi |
14 | KK.ULA.1 | Menguasai bahasa internasional |
15 | KK.ULA.2 | Menguasai dasar-dasar teknologi informatika digital untuk akademik |
16 | KK.ULA.3 | Menguasai kewirausahaan berbasis syariah dan digital |
KETRAMPILAN UMUM: |
1 | KU1 | mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
2 | KU2 | mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
3 | KU3 | mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni |
4 | KU4 | menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
5 | KU5 | mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
6 | KU6 | mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya |
7 | KU7 | mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
8 | KU8 | mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
9 | KU9 | mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
10 | KU.ULA.1 | Menerapkan prinsip-prinsip Islam dan bidang keahliannya, sehingga memiliki keterampilan secara profesional dalam rangka memberikan pelayanan jasa kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata krama kehidupan bersama yang Islami |
11 | KU.ULA.2 | Menemukan atau mengembangkan atau rekonstruksi teori/ konsepsi/ gagasan ilmiah dengan menerapkan nilai-nilai Islam di bidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif |
12 | KU.ULA.3 | Mengambil keputusan dalam konteks menyelsaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Islam berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data |
13 | KU.ULA.4 | Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan dan mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi Iptek yang memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai Islam yang sesuai dengan bidang keahliannya |