Kerja Praktik

Sebelum mengajukan dan menentukan lokasi Kerja Praktik (KP), diusahakan mahasiswa telah melakukan studi awal atau survey awal terhadap instansi tujuan tentang ketersediaan dan kesediaan instansi berikut topik bahasan yang rencana dijadikan tempat KP, untuk meminimalisir resiko penolakan dari instansi.

  1. Mahasiswa mengajukan Proposal KP, sesuai contoh proposal kemudian meminta persetujuan dan tanda tangan Koordinator KP. Bila pengajuan Proposal berkelompok di instansi yang sama dan kurun waktu yang sama pula, cukup mengajukan satu proposal dengan mencantumkan daftar peserta KP
  2. Setelah mendapatkan persetujuan dan tanda tangan Koordinator KP, Proposal harus disetujui dan ditandatangani Ketua Program Studi Teknik Elektro.
  3. Mengisi Form Pengajuan KP
  4. Form Pengajuan KP dan Proposal yang sudah lengkap ditandatangani Kaprodi dikirim ke Koordinator KP dan Admin KP untuk dapat dibuatkan Surat Pengajuan KP ke instansi yang dituju.
  5. Mahasiswa mengirimkan Surat Pengajuan/Permohonan KP kepada instansi.
  6. Bila permohonan diterima, mahasiswa menunjukkan Surat Penerimaan KP dari instansi kepada Admin KP dan Koordinator KP, untuk mendapatkan Surat Penugasan KP dan Surat Tugas Dosen Pembimbing.
  7. Bila permohonan ditolak, harus ada surat penolakan dari instansi, atau dengan membuat surat penolakan sendiri yang ditandatangani oleh instansi dengan dibubuhi stempel (khusus penolakan lisan). Bila lama tidak ada balasan dari instansi atau tidak ada kepastian kesediaan dan ketersediaan untuk pelaksanaan KP, mahasiswa bisa mengajukan permohonan pengunduran diri ke instansi, hingga mendapatkan balasan dari instansi. Berikutnya mahasiswa mengulang langkah-langkah dari poin 1 sampai pengajuan KP diterima oleh instansi.
  8. Mahasiswa membawa surat penugasan KP dan menyerahkan Surat Tugas Pembimbing ke Pembimbing KP.
  9. Berkas Surat Penugasan beserta seluruh lampirannya ditunjukkan ke instansi KP.
  10. Mahasiswa melaksanakan proses KP, didampingi pembimbing lapanan yang ditunjuk oleh instansi.
  11. Mahasiswa melakukan konsultasi kepada Dosen Pembimbing KP untuk tema/topik bahasan yang akan diambil sebagai Laporan KP.
  12. Setelah selesai proses pelaksanaan KP, mahasiswa harus memperoleh Surat Keterangan selesai KP dari perusahaan, berikut daftar kehadiran dan penilaian dari pembimbing lapangan.
  13. Mahasiswa membuat Laporan KP dan melakukan bimbingan kepada Pembimbing KP.
  14. Mahasiswa dapat mengajukan Seminar KP bila Laporan KP sudah selesai dan disetujui oleh Pembimbing KP, dengan catatan mahasiswa harus sudah melakukan pengisian KRS KP di semester ini.
  15. Pengajuan Seminar KP harus dilengkapi dengan berkas Persyaratan Seminar KP. Untuk kelas sore: Persyaratan Seminar KP Sore.
  16. Mahasiswa melakukan Seminar KP sesuai tempat dan waktu yang telah ditentukan dengan dihadiri Dosen Pembimbing KP dan minimal 10 (sepuluh) mahasiswa audiens.
  17. Mahasiswa melakukan revisi Laporan KP (bila ada) dan mengumpulkan Laporan KP dalam bentuk jilid soft-cover berwarna orange (hardcopy) berikut softcopy format PDF dalam bentuk CD ke Admin KP / Ruang Baca.
  18. Mahasiswa mendapatkan Surat Puas dan nilai diinput oleh Admin di SIM.
  19. Selesai

Lebih lengkap dapat dicermati pada Buku Panduan KP dan Flow Chart kelas pagi atau kelas sore).

Instruksi khusus Online.